Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Sabtu, 21 November 2009

Posted by banggundul on 10.36 in | No comments

Old Hittite Kingdom [ca. 1600-1400 BC]
Middle Kingdom [ca. 1400-1343 BC]
Hittite Empire [1343-1200 BC]


Kerajaan Hittite adalah salah satu dari kerajaan besar pertama di dunia. Mereka sudah mendirikan Imperium besar sebelum adanya Persia & Roma, tepatnya pada abad 13 sebelum masehi. Kerajaan Hittite dibagi dalam 3 periode yaitu Hittite kuno, Kerajaan Hittite tengah dan Imperium Hittite. Sayangnya tidak banyak bukti2 lengkap yg menykap tentang Hittite kuno dan Hittie tengah, baru setelah mereka mendirikan Imperium mulai banyak bukti2 yg ditemukan arkeolog di Ibu kota Hattusha.

Kerajaan Hittite sangat kuat, terutama pada masa Imperium Hittite, itu disebabkan banyak Raja2 yg memerintah memiliki kepemimpinan hebat, diantaranya Suppiluliuma I dan Mursili II yg memperluas kerajaan sampai ke ujung barat Anatolia (Turki), menghancurkan Babylonia di Syiria dan berbatasan langsung dengan kerajaan Mesir pada Masa Ramzes II. Keberhasilan itu dicapai berkat kekuatan militer mereka yg menggunakan Horse Chariot (Pasukan Kereta Perang) sebagai pasukan garis depan.

Kerajaan Hittite mengalami kemunduran dikarenakan sering terjadi perang sipil untuk memperebutkan kekuasaan setelah tidak ada Raja yg kuat memerintah, ditambah menguatnya ancaman bangsa Funisia yg menguasai lautan. Akhirnya pada abad 11 bukti2 tentang keberadaan hittite sudah tidak ditemukan dan dinyatakan runtuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter