Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Rabu, 06 Januari 2010

Posted by banggundul on 17.16 in | 3 comments


Kelompok manusia pertama yang mendiami Mesopotamia adalah bangsa Sumeria lebih dari 7000 tahun silam. Mereka membangun sejumlah Negara-kota merdeka, dikenal sebagai peradaban manusia pertama.

Peradaban Sumeria terdiri atas beberapa Negara-kota, yaitu kota-kota yang juga merupakan bangsa merdeka. Beberapa dianataranya terus bertahan selama 3000 tahun. Kota-kota ini terletak di jalur perdagangan penting di sepanjang sungai Tigris dan Eufrat. Para pedagangnya berkelana hingga ke Mesir dan India.

Kota-kota Sumeria
Masing-masing Negara memiliki gedung umum (balai pertemuan) yang indah, pasar, bengkel kerja, dan system pengairan. Adapula istana dan ziggurat, yang diatasnya terdapat sebuah kuil bagi dewa yang disembah di kota itu. Disekeliling gedung umum itu terdapat ladang pertanian dan daerah rawa ditepi sungai sepanjang Mesopotamia.

Baca dan Tulis
Orang Sumeria menciptakan salah satu system penulisan paling awal yang diketahui, yaitu cuneiform. Sejak sekitar tahun 3200 SM, mereka menulis di atas lempengan yang terbuat dari tanah liat. Para juru tulis memegang peranan kunci di masyarakat. Ribuan peninggalan batu tulis yang di temukan berisi berbagai laporan, tulisan keagamaan maupun surat. Pada makam orang Sumeria yang ditemukan, dapat diketahui bahwa mereka adalah bangsa yang kaya dan memiliki keterampilan sebagai pengrajin.

Perang Saudara
Sekitar tahun 2900 SM, ketika penduduk kota semakin banyak, kekuasaan berpaling dari para pendeta yang sebelumnya memiliki peranan penting dalam masyarakat. Sector perdagangan secara perlahan menjadi lebih penting dari pada agama. Perselisihan antar kota meningkat. Mereka saling berperang untuk memperoleh pengaruh. Mereka juga diserang oleh berbagai suku dari Persia, Arab, dan Turki yang juga menginginkan kenyamanan dan keuntungan dari kehidupan kota.


Akadia dan Ur
Akhirnya, kota Akadia menjadi kekuatan yang dominan. Kota tersebut di pimpin oleh Sargon yang mendirikan kekaisaran pertama di dunia sekitar tahun 2334 SM. Kekuasaan baru ini dapat menciptakan ketertiban yang lebih besar, tetapi sekaligus juga kekejaman dan kekerasan. Sekitar tahun 2100 SM, pengaruh akadia merosot. Dominasinya diambil oleh Ur sebagai kekuatan yang berpengaruh selama satu abad. Setelah Ur runtuh, Asiria dan Babilonia muncul dan menguasai kawasan tersebut.

3 komentar:

  1. Halo ,, salam kenal .. boleh tukeran link nggak ..
    Link sudah saya pasang di blog saya ...
    Mohon link back ya .. Thanks.. :)

    BalasHapus
  2. Hi...nice blog do you ave and care to exchange link?

    BalasHapus
  3. hi..link exchange please..ur link already added on my blogroll..please link back me..thank you

    BalasHapus

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter