Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Jumat, 18 Desember 2009

Posted by banggundul on 17.46 in | 3 comments

Carthage adalah nama kota yg terletak di afrika utara atau tepatnya di wilayah Tunisia sekarang. Seperti Roma, nama Carthage dipakai sebagai nama kerajaan. Asal muasal kerajaan ini berasal dari timur tengah, tepatnya di pesisir laut mediterania, didaerah itu bermukim bangsa yg terkenal sebagai penguasa lautan yaitu bangsa Phoenicia (Funisia). Semenjak ribuan tahun sebelum Masehi, Bangsa Phoenicia telah berlayar ke hampir seluruh eropa, afrika dan asia, karena itulah banyak koloni2 kecil atau kumpulan masyarakat Phoenicia di pesisir afrika dan eropa, salah satunya adalah Carthage di Afrika utara. Karena wilayah asal mereka di timur tengah berbatasan dengan kerajaan2 kuat seperti Babylonia, Mesir, Hittite, Asyiria dan Persia akhirnya memaksa sebagian dari mereka untuk eksodus ke Carthage yg relatif lebih aman dan merupakan koloni terbesar bangsa Phoenicia.

Eksodus ini membuat perkembangan Carthage menjadi sangat pesat dan menjadi pusat perdagangan di laut mediterania, perkembangan itu diikuti menguatnya angkatan perang kerajaan Carthage sehingga mereka dapat meluaskan pengaruhnya ke berbagai wilayah diantaranya seluruh pesisir utara afrika, sebagian besar pulau di laut mediterania dan Iberia (spanyol) bagian selatan dan timur. Keberhasailan ini dicapai berkat Angkatan Laut Carthage sangat superior. Namun karena militer berfokus pada angkatan laut, wilayah2 Carthage kebanyakan berada di pesisir.

Tokoh terkenal yg dimiliki Carthage adalah Hannibal, Jenderal sekaligus panglima tertinggi militer Carthage. Pada masa jabatannya militer kerajaan sangat kuat bahkan sampai mengancam Romawi. Perseteruan dengan Romawi mengakibatkan pecahnya perang Phoenicia antara keduanya. Pada perang Phoenicia II Hannibal melakukan ekspedisi yg sangat terkenal dari Iberia (Spanyol), Gaul (Perancis), sampai ke Roma dengan membawa 50.000 pasukan. Dalam Ekspedisi tsb dia berhasil menaklukkan bangsa Gaul, dan berkali2 mengalahkan pasukan Romawi dan mencapai gerbang kota Roma. Namun karena perjalanan yg berat, persediaan yg menipis dan pasukan yg tinggal setengahnya akhirnya diputuskan untuk membatalkan serangan ke Roma.

Kehancuran kerajaan Carthage disebabkan oleh kekalahan mereka dalam perang Phoenicia III melawan Romawi dimana pada perang tsb pasukan Romawi berhasil menguasai kota Carthage dan membakar seisi kota.

3 komentar:

  1. tulisan yang bermanfaat dan menambah wawasan saya. terima kasih bang..

    BalasHapus
  2. sori bang.. lama g maen ke sini...

    BalasHapus
  3. wahh.. berarti, bangsa galia hanya pernah di
    kalahin sama phoenicia nii ea..?!
    keren juga.. siapa yang numbangin
    obelix sama asterix tuh berarti?

    BalasHapus

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter