Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Senin, 07 Desember 2009

Posted by banggundul on 19.06 in | No comments

Kerajaan Seleucid adalah kerajaan peninggalan Alexander the Great, dengan kata lain kerajaan ini adalah pecahan kerajaan Macedonia. Wilayahnya merupakan ex wilayah Macedonia dikurangi Mesir, Yunani, Turki dan Armenia. Nama kerajaan ini berasal dari nama Rajanya yg pertama yaitu Seleucus. Masa pemerintahan Seleucus juga ditandai penyebaran budaya Hellenisme sampai ke India. Pada awalnya Seleucus berencana melakukan ekspansi ke india, namun kurangnya informasi mengenai india membuat dirinya tidak menyadari bahwa disana telah berdiri kerajaan besar yaitu Maurya dengan Rajanya Chandragupta Maurya. Besarnya kekuatan Maurya membuat Seleucus Kelabakan dan harus merelakan wilayahnya di india direbut oleh Maurya.

Setelah menyadari bahwa tidak ada kemungkinan menang dari Maurya karena Chandragupta memiliki 600.000 tentara ditambah 9.000 gajah perang (War Elephant), akhirnya Seleucus memutuskan untuk berdamai dan menikahi puterinya dengan Chandragupta.

Masa keemasan Seleucid adalah pada masa pemerintahan Antiochus, pada masa ini kerajaan Seleucid akhirnya bisa menaklukkan kerajaan Ptolemy, yg juga merupakan pecahan Macedonia warisan Alexander the Great. Kejayaan tersebut dirayanak dengan membangun ibukota baru bernama Antioch di daerah Suriah.

Sepeninggal Antiochus, praktis tidak ada lagi Raja yg kuat memerintah Seleucid. Banyak daerah yg melepaskan diri dan saling berperang berebut pengaruh, keadaan diperburuk dengan menguatnya pengaruh Romawi di barat. Akhirnya kerajaan Seleucid hancur pada tahun 63 sebelum masehi.

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter