Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Sabtu, 03 Januari 2015

Posted by banggundul on 00.16 in | No comments
Contoh image slider
Belakangan ini ketika mengakses sebuah situs baik itu berupa situs berita, situs belanja online, blog, ataupun situs resmi dari suatu produk kita seringkali mendapati  image slider otomatis pada situs tersebut. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa image slider otomatis dapat membuat tampilan suatu situs menjadi lebih keren. Namun, pada kenyataannya hal itu tidaklah benar. Image slider otomatis hanya membuat situs menjadi 'keren' tapi informasi yang ingin disampaikan dari tujuan membangun sebuah situs menjadi tidak tercapai.

Alasannya, mata kita akan terfokus pada hal yang bergerak bukan informasi yang terkandung. Dan biasanya gambar bergerak dengan sangat cepat dan icon navigasi (jika ada) terlalu kecil. Hal ini tidak sesuai dengan aturan desain antarmuka yaitu pengguna (pemirsa) harus memiliki kontrol penuh terhadap konten yang ingin mereka baca.

Dulu beberapa situs seperti adobe yang menggunakan image slider otomatis namun sekarang telah berganti menjadi sebuah situs dengan tampilan statis dengan menampilkan pesan 'inti' dari tujuan situsnya.

Beberapa saran ketika membangun sebuah situs:
  • Jangan membabi-buta menambahkan image slider otomatis karena sedang tren.
  • Pertimbangkan untuk mencari cara terbaik untuk menampilkan tujuan dari situs bukan hanya meniru situs yang sejenis.
  • Fokus pada satu pesan yang statis dari tujuan pembuatan situs. 
Walaupun image slider otomatis tidak efektif namun diperkirakan hal ini tidak akan hilang dalam sekejap.

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter