Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Sabtu, 10 Januari 2015

Posted by banggundul on 21.58 in | 2 comments
Beberapa orang sering mempertanyakan kenapa memilih LaTeX ketimbang menggunakan perangkat lunak pengolah kata seperti OpenOffice dan Microsoft Word.  Jawaban dari pertanyaan tersebut secara sederhana adalah dapat menghasilan dokumen dengan kualitas tipografi tinggi. Terutama untuk dokumen yang mengandung matematika, namun tidak sebatas matematika saja dalam bidang lain masih dapat mengimplementasikannya. 

Keunggulan lainnya adalah LaTeX secara jelas memisahkan konten dari format dokumen. Sehingga dapat fokus dengan 'apa' yang ditulis bukan 'bagaimana' tulisan itu tercetak dalam kertas. 

Beberapa alasan kenapa tidak harus menggunakan LaTeX.
  • Tidak memiliki waktu untuk memperlajarinya. Tidak seperti pada sistem yang diterapkan oleh perangkat lunak pengolah kata yang tinggal menunjuk kemudian klik. Butuh beberapa waktu untuk mempelajari LaTeX, walaupun panduan untuk mempelajarinya banyak tersedia di internet. Jika anda hanya memiliki waktu kurang dari 1 hari untuk menyelesaikan sebuah dokumen maka LaTeX bukan pilihan utama. 
  • Terlanjur sudah menulis. Jika sudah terlanjur menulis dengan program lunak pengolah data, sangat tidak efesien jika ingin 'mengubah' ke dalam bentuk LaTeX, walaupun hal ini bisa dilakukan.
  • Sangat peduli dengan tampilan dokumen. Jika lebih mengutamakan design dari dokumen (bukan isinya) maka LaTeX bukanlah pilihan utama, walaupun sudah terdapat banyak package yang bisa meyesuaikan tampilan dokumen.

2 komentar:

  1. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    BalasHapus
  2. It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

    BalasHapus

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter