Hanya catatan kecil dari seorang pemimpi kecil

Rabu, 14 Januari 2015

Posted by banggundul on 00.58 in | 2 comments
Seringkali saat memainkan game di laptop/notebook saat mengunakan power baterai (tanpa sumber PLN) akan menjadi lambat, walupun segala cara telah dilakukan untuk mengatasi hal ini dari mengatur power plan menjadi high performance sampai menggunakan software tambahan tidak dapat menolong banyak. Hal ini seringkali membuat jengkel.  

Berikut akan dijelaskan alasan kenapa hal ini terjadi. Menjalankan GPU kinerja tinggi dengan kekuatan penuh ketika menggunakan baterai akan merusak baterai. Ambil contoh GPU mobile merek tertentu membutuhkan daya sekitar 75 W untuk beroperasi dengan kecepatan penuh, hal ini kecil dibandingkan dengan GPU mobile kelas tinggi yang membutuhkan daya hingga 122 W. Dan yang paling penting GPU bukanlah satu-satunya komponen yang membutuhkan daya seperti CPU sekitar 47 W belum lagi komponen lain seperti perangkat display, disk dan USB jika di total daya yang dibutuhkan laptop/notebook adalah 140 W sampai 200 W untuk menjalan game hal ini tergantung dari konfigurasi sistem.

Baterai laptop/notebook umumnya dapat menyimpan energi sebesar 60-80 Wh dan tidak dirancang untuk digunakan 2 kali lebih cepat dari kecepatan Wh-nya, penggunaa lebih dari 1 kali dari kecepatan Wh secara berkelanjutan dapat menyebabkan berkurangnya umur baterai. Terus memaksa menggunakan daya 150 W atau lebih dari 77 W baterai membuat menjadi panas atau bahkan dapat meledak. Sehingga sangat dianjurkan perangkat tidak membebani baterai berlebihan dan terus menerus.

Untuk menghindari kelebihan beban pada baterai, GPU biasanya mengatur clock speed menjadi lebih rendah ketika menggunakan daya baterai. Clock speed yang lebih rendah mengurangi konsumsi daya, selain itu perpindahan transistor menjadi lambat sehingga konsumsi pada CPU pun menjadi lebih rendah. Hal inilah yang menyebabkan laptop/notebook menjadi lambat ketika menggunakan baterai dan akan sangat terasa ketika memainkan game yang berat.

2 komentar:

  1. Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

    BalasHapus
  2. I like your approach on the topic. Your article is as interesting as your previous writings. Keep up the good work, thanks a lot.

    BalasHapus

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter